Alexis buka lagi…?

Alexis buka lagi…?

Alexis buka lagi…?

PENGARUH JABATAN TERHADAP AMAR MA’RUF NAHYI MUNKAR

Bismillah…

Alexis buka lagi…? Masih segar ingatan kita beberapa hari ini mengenai Headline berita salah satu hotel diduga disalahgunakan menjadi tempat maksiat yang sudah lama beroperasi kini akhirnya resmi ditutup. Keputusan ini mencengangkan banyak pihak pasalnya Alexis merupakan tempat mewah yang disinyalir memiliki pelanggan mulai masyarakat berkelas sampai pejabat berjas. Lantas apa hubungannya penutupan Alexis terhadap jabatan yang berdampak pada Amar Ma’ruf Nahyi Munkar?

Mari kita perhatikan pesan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini:

Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barang siapa di antara kalian yang melihat kemungkaran, hendaklah dia merubahnya dengan tangannya. Apabila tidak mampu maka hendaknya dengan lisannya. Dan apabila tidak mampu lagi maka dengan hatinya, sesungguhnya itulah selemah-lemah iman.’.” (HR. Muslim).

Dari Hadist yang diriwayatkan Muslim, kita dapat membagi 3 tingkatan Iman berdasarkan seberapa besar kemampuan kita dalam mencegah kemungkaran, yaitu:

1. Orang yang dapat merubah kemungkaran dengan tangannya. Jangan sampai Alexis buka lagi.

Para ulama sependapat bahwa yang dimaksud dengan “tangan” pada konteks hadist ini ialah bisa diartikan sebagai jabatan atau kekuasaan. Dan barangsiapa mampu mencegah kemungkaran dengan tanganya maka ia termasuk ke dalam golongan orang yang tinggi tingkat keimanannya menurut Hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Inilah tugas dan tanggung jawab bagi seorang pemimpin, ketika amanah Umat/rakyat berada di pundaknya maka sudah menjadi kewajibannya untuk menjalankan Nahyi Munkar yaitu mencegah kemungkaran dengan segala cara dan upaya yang salah satu caranya seperti yang dilakukan oleh Pak Anies dan Pak Sandi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Butuh waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk menutup 1 tempat kemungkaran/kemaksiatan bila ini dilakukan oleh seorang Da’i/Ustadz/Muballigh bahkan Kiyai sekalipun karena mereka tidak memiliki kekuasaan yang dapat merubah kebijakan, peraturan dan izin mengenai tempat-tempat yang dilarang dalam agama. Namun dengan 1 tanda tangan (kekuasaan) dan belum 1 bulan pun dengan izin Allah tempat tersebut dapat ditutup. Waspadai Alexis buka lagiWaspadai Alexis buka lagi.

2. Orang yang dapat merubah/mencegah kemungkaran/kemaksiatan dengan lisannya.

Pada tingkatan kedua ini bila kita tidak mampu merubah kemungkaran/kemaksiatan dengan jabatan/tangan maka kita diwajibkan untuk merubahnya atau mencegahnya dengan lisan/ucapan/ungkapan secara lembut dengan bahasa yang persuasif agar pelakunya dapat segera bertobat dan meninggalkan perbuatan tersebut. Waspadai Alexis buka lagiCegah Alexis buka lagi.

3. Orang yang tidak mampu merubah kemungkaran dengan tangan atau lisan maka dengan hatinya.

Sahabat Elza yang dirahmati Allah Subhanahu wa Ta’ala. Inilah selamah-lemahnya Iman yaitu ketika kita melihat suatu kemungkaran dan kita tidak mampu mencegah kemungkaran tersebut dengan kekuasaan bahkan lisan pun tidak berdaya untuk menasehati karena mungkin pengetahuan kita terbatas atau pun kondisi yang tidak memadai. Alexis buka lagi?

Pelajaran yang dapat kita ambil dari keputusan tegas dari seorang pemimpin menutup tempat-tempat kemaksiatan dan semoga merubahnya ke arah jalan kebaikan ialah kita tersadarkan bahwa betapa pentingnya pemimpin yang Amanah, Beriman dan Bertaqwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk memimpin negri ini. Sikap tegas ini merupakan sejarah bagi kita Umat Islam diamana seorang pemimpin mulai menampakkan hasil dalam menunaikan janjinya ketika berkampanye dahulu.

Alexis buka lagi…?

Sekarang sudah saatnya kita ambil bagian dari perubahan, tidak bisa hanya berdiam diri, berbuat kebaikan harus mengajak teman dan jangan lagi antipati terhadap politik karena kebijakan seorang pemimpin tergantung apa yang ia Imani, yang ia ketahui, dan nalurinya sebagai manusiawi. Jangan sampai Alexis buka lagi. Semoga dengan lisan, tulisan dan tenaga kita menjadi jalan bagi kita untuk mencegah kemungkaran dan mengajak kepada kebaikan. Aamiin. Alexis buka lagi?

Ingatlah pesan bahwa KEBENARAN yang tidak terorganisir akan dikalahkan oleh KEBATHILAN yang terorganisir. Jangan sampai Alexis buka lagi atau juga tempat-tempat lain yang sama seperti Alexis perlu kita waspadai?

Wallahu a’lam.

Berikut ini yang mesti kita perhatikan bisa jadi Alexis buka lagiAlexis buka lagi?

  • Alexis buka lagi di Bali? https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3710435/alexis-ditutup-pengusaha-bisnis-hiburan-pindah-ke-bali
  • Waspadai Alexis buka lagi: https://www.jawapos.com/read/2017/10/30/165535/alexis-resmi-ditutup-anies-baswedan-diminta-waspadai-ini

Like page Elzaura di Facebook ya! Elzaura Official

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *